Wawasan Nusantara Dalam Konteks Nkri

Diposting pada

Pengertian wawasan nusantara banyak pengertian tentang wawasan nusantara tetapi ada satu pendapat pengertian wawasan nusantara yang diusulkan menjadi ketetapan majelis permusyawaratan rakyat dan dibuat di lemhanas tahun 1999 sebagai berikut. Keutuhan dan kelengkapan pelaksanaan wawasan nusantara yang terwujud dalam terselenggaranya kesatuan dan ketahanan nasional indonesia harus senantiasa ditingkatkan sesuai dengan kemajuan zaman.

Jawaban Pkn Kelas X Halaman 202 Wawasan Nusantara Nifafani Berkelas Halaman

Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan nasional.

Wawasan nusantara dalam konteks nkri. Wawasan nusantara bisa menjadi cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan pancasila danuud 1945. Risalah sidang bpupki 29 mei 1 juni 1945 dari republik indonesia dari beberapa pendapat para pejuang nasional. Kompetensi inti menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

Bab 3 wawasan nusantara dalam konteks nkri a. Tujuan wawasan nusantara ke dalam mengarah kepada kepentingan dalam negeri bangsa indonesia yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di seluruh wilayah nkri. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur disiplin tanggungjawab peduli gotong royong kerjasama toleran damai santun responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara.

Wawasan nusantara dalam konteks negara kesatuan republik indonesia a. Wawasan nusantara dalam konteks nkri anggota kelompok. Wawasan nusantara sebagai wawasan regional sehingga berfungsi dalam pembatasan negara agar tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga.

Keterbatasan dan tantangan republik indonesia adalah. Wawasan nusantara dalam konteks nkri 1. Wawasan nusantara merupakan penjabaran falsafah uud 1945 dan pancasila dalam satu wadah negara kesatuan republik indonesia nkri.

Hal tersebut berarti bahwa setiap warga masyarakat dan aparatur negara harus berpikir bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara indonesia. Bab 7 wawasan nusantara dalam konteks negara kesatuan republik indonesia. Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional.

Dalam pelaksanannya wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Tantangan dalam negeri dan global ini harus menjadi konsideran utama bagi upaya meletakan kembali konsepsi wawasan nusantara sebagai doktrin nasional yang memiliki landasan hukum kuat guna memastikan eksistensi kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai nkri. Tujuan negara republik indonesia pada dasarnya adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional serta kepentingan kawasan guna untuk mewujudkan kesejahteraan kedamaian serta masyarakat.

Pin Di Bab 7