Mengenal Benua Australia dan Karakteristik Benua Australia

Apa yang kalian ketahui tentang Benua Australia? Suku Aborigin? Kangguru? Atau bangunan seperti gedung Opera House? Ya, Benua Australia memiliki ciri khas akan hal-hal tersebut yang dengan mudah kita dapat mengingatnya.  Benua yang terletak di sebelah selatan negara kita merupakan benua  yang unik karena walaupun  terletak  di  sebelah selatan Asia tetapi penduduknya sebagian besar adalah penduduk ras kaukasoid yang banyak berasal atau sama dengan penduduk Eropa. 

peta benua australia

Karakteristik Benua Australia

Australia terletak pada 1130  BT–1550
BT dan 100   LS–430   LS. Ini berarti   ada bagian Australia yang memiliki iklim tropis, yaitu Australia bagian utara yang berdekatan dengan Indonesia.   Sebagian wilayah lainnya beriklim subtropis dan sedang. Berikut ini batas-batas geografis wilayah Australia.

a.Sebelah   utara   berbatasan   dengan Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres.
b. Sebelah  timur  berbatasan  dengan Samudra   Pasifik,   Laut    Tasman, dan Laut Coral. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.
c. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia. 

Wawasan

Catatan penting untuk Benua Australia: Puncak tertinggi adalah Puncak Mawson (2.745 m), bagian terendah adalah Danau Eyre (15 m di bawah permukaan laut), sungai terpanjang adalah Sungai Murray (2.508 km), dan Danau terbesar adalah Danau Eyre (9.500 km2 ).

Luas wilayah Benua Australia adalah 8.945.000 km2  dengan lebar sekitar
3.200 km dan panjang 3.700 km. Hanya satu negara dalam satu benua merupakan keunikan lainnya dari Benua Australia, sehingga negara Australia memiliki luas wilayah yang sangat besar. Meski demikian sekitar dua pertiga wilayahnya berupa gurun.

Mengapa sebagian besar (70 %) wilayah Australia berupa gurun dan semi gurun? Salah satu faktor penyebabnya adalah karena letaknya berada pada zona turunnya massa udara (zona subsidensi). Zona tersebut berada sekitar 300 LU atau 300 LS. Jika udara yang naik akan mengalami proses pembentukan awan, maka udara yang turun justru sebaliknya.

Australia terdiri atas delapan negara bagian yaitu Australia Utara, Australia Selatan, Australia Barat, Victoria, New South Wales, dan Queensland, Tasmania dan Daerah Khusus Ibukota. New South Wales merupakan negara bagian paling tua dan paling banyak penduduknya. Negara bagian terluas adalah Australia Barat. Victoria merupakan negara bagian terkecil dan terpadat kedua. 

Aktivitas Kelompok

Perhatikanlah peta Benua Australia! Australia terdiri atas beberapa
negara bagian, tulislah beberapa negara bagian tersebut dan kota-kota yang ada pada negara bagian tersebut.

No. Nama Negara Bagian Nama-Nama Kota

Demikianlah, semoga pengetahuan singkat mengenai Benua Australia diatas dapat bermanfaat. Silahkan bagikan artikel ini jika dapat membantu menambah wawasan anda.

0 Response to "Mengenal Benua Australia dan Karakteristik Benua Australia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel