Karakteristik Iklim, Bentuk Muka Bumi, Geologi, Flora dan Fauna, serta Penduduk Negara Inggris

Inggris terletak pada 500  LU-600  LU dan 80  BB-20  BT. Posisinya berada di Benua Eropa yang secara geografis berbatasan di utara dengan Samudra Atlantik, di sebelah barat dengan Irlandia dan Samudra Atlantik, di sebelah timur dengan Laut Utara, dan di sebelah selatan dengan Selat English Channel. Luas wilayah Inggris mencapai 244.110 km2 meliputi wilayah England, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara, dan sejumlah pulau kecil di sekitarnya. 

Jarak dari utara sampai selatan wilayah Inggris mencapai 965 km dan jarak dari timur ke barat mencapai 515 km.

Iklim di Inggris


Karena posisi lintangnya, Inggris memiliki iklim sedang. Negara ini juga dikelilingi lautan, sehingga memiliki iklim laut dengan ciri sejuk dan basah. Karena itu, hampir sepanjang tahun  Inggris mengalami hari-hari yang sejuk dan dingin. Suhu udara tertinggi yang pernah tercatat mencapai 38,500 C pada musim panas dan -26,100  C pada musim dingin. Walaupun demikian, rerata suhu pada musim dingin antara 40–50C dan pada musim panas antara 120–160C. Pantai barat bagian utara Inggris lebih hangat dibanding dengan wilayah lainnya.


Wawasan

Inggris seringkali disebut dengan nama lain seperti Britania Raya, United Kingdom, dan England. Apakah ada perbedaan diantara ketiganya? Britania Raya atau disebut juga Great Britain merupakan gabungan beberapa negara yaitu Inggris/England, Skotlandia dan Wales. United Kingdom (Persatuan Kerajaan) merupakan gabungan dari tiga negara Britania Raya ditambah dengan Irlandia Utara. England merupakan negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya.

Curah  hujan  di  Inggris  relatif merata sepanjang tahun dengan rata- rata tahunan mencapai 1.000 mm/ tahun. Pantai barat memperoleh curah hujan lebih tinggi dari pantai timurnya, namun curah hujan paling tinggi berada di pegunungan. Posisinya yang berada dekat  Samudera Atlantik  dan  adanya arus Atlantik Utara membuat pesisir barat  Inggris  lebih  sejuk  dan  lebih basah dibanding pesisir timurnya.

Bentuk Muka Bumi Negara Inggris


Jika dilihat dari reliefnya, wilayah Inggris terbagi menjadi dua bagian, yaitu wilayah yang bergunung-gunung di bagian utara dan dataran rendah yang bergelombang di timur dan selatan. Perbedaan relief ini menunjukkan adanya perbedaan usia batuan. Batuan berusia lebih tua berada di barat dan utara, sedangkan batuan yang lebih muda berada di timur dan selatan.

Geologi Negara Inggris


Inggris  memiliki  sumber  daya  geologi  yang  beragam,  termasuk  batu bara yang sangat mendukung revolusi industri di Inggris. Selain itu, Inggris juga memiliki sumber daya minyak bumi dan gas yang memasok kebutuhan energinya selama abad ke-20. Energi panas bumi juga dimiliki Inggris dalam jumlah terbatas. Beberapa sumber daya mineral   yang tersedia di negara ini adalah pasir dan kerikil untuk bangunan, logam, dan lempung

Flora dan Fauna di Inggris

flora dan fauna inggris


Kegiatan pertanian dan industri di Inggris   telah   mengurangi   luas   area hutan alaminya. Akibatnya, sebagian flora dan fauna di Inggris telah berkurang populasinya dan bahkan beberapa  di  antaranya  punah.  Flora yang dapat dijumpai di Inggris adalah pohon ek dan elm, horse chestnut, spruce  Norwegia,  larch  Jepang,  dan fir Douglas. Fauna yang masih banyak dijumpai adalah rusa merah Skoltlandia dan sekitar      400 burung termasuk rajawali emas dari Skotlandia dan belibis merah yang khas dari Inggris

Kondisi Penduduk di Inggris


Pada tahun 2015, penduduk Inggris mencapai 65,1 juta jiwa (WPDS, 2015). Angka pertumbuhan penduduknya hanya 0,4% atau tergolong rendah. Sebagian besar tinggal di daerah perkotaan yang mencapai angka 80% dari jumlah penduduknya. Kota London sebagai ibukota negara dihuni oleh sekitar 12% penduduk Inggris, sementara daerah bagian utara seperti Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara penduduknya jarang. 

Penduduk  asli  Inggris  terdiri  atas dua kelompok, yaitu Bangsa Kelt (Skotlandia,  Irlandia,  dan Wales)  dan Bangsa Jerman (Anglo, Saxon, Jute, Denmark,   dan   Norman).   Sebagian besar  (87,2  %) penduduknya berkulit putih, sisanya berkulit hitam dan, Asia.

Bahasa  yang  digunakan  secara resmi   oleh   penduduk   Inggris   tentu saja Bahasa Inggris. Sebagian besar (86,9%) penduduknya beragama Kristen. Sisanya adalah pemeluk agama Islam, Yahudi, Hindu, Sikh, serta tidak beragama (atheis).

Demikinlah karakteristik Negara Inggris, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan anda dalam mendalami pengetahuan tentang negara inggris. 

1 Response to "Karakteristik Iklim, Bentuk Muka Bumi, Geologi, Flora dan Fauna, serta Penduduk Negara Inggris"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel